Senin, 11 Januari 2016

Underground : Bukan Provokasi Tapi Harmonisasi

Terhitung 5 hari sejak post terakhirku, mungkin karena aku mulai kembali sibuk dengan beragam kegiatan di luar rumah yang katanya ngga terlalu penting dan malah membuang waktu karena masih banyak hal yang bisa dilakukan, (lah terus banyak hal itu apa ???) Semua orang pasti punya lah yang namanya favorit atau hobby atau kesukaan lah sebut saja. Misalkan musik, untuk sesuatu yang dipakai sebagai pengiring suatu kegiatan yang tidak banyak memerlukan kepekaan telinga dalam pengerjaannya, musik sangat berguna.

Pagi ini seperti biasa, bangun mepet langsung cekidot di atas motor di rute menuju sekolah tercinta, semua ngga ada yang tertinggal kecuali topiku yang masih nyaman di cantolan kasur, aduh padahal upacara, santai coyyy... (gausa ngaku pinter kalo gabisa ngatasin masalah klasik beginian) bhahaha...

Headset. Benda mahal. Semua orang punya. Tapi kadang kadang sering dibuat rebutan. Situasi unik setelah upacara karena headset. Awalnya cuma guru mapelku yang satu ini yang unik. Ternyata semua punya keunikan ya. 

Ahh udah malem sob, bingung bikin intro, kelamaan, langsung ajalah, kalo nyari headset pasti mau otw ndengerin musik. Dan sebenernya kali ini aku mau ngomongin musik, bukan headsetnya, haha...

Ditengah gembar gembor alunan musik dari sang DJ yang membuat suasana kerlap kerlip dan penuh nuansa mewah yang kata penikmatnya sangat asik di telinga dan ngga monoton atau mbosenin, aku sedikit berbeda dengan mindset tersebut hehe.. yang baca jangan salah tangkap sebagai provokator loh yaa.. Yeah, UNDERGROUND. It's my style. Definisi yang harus aku jelaskan setiap kali ada yang bertanya kenapa sangatlah beragam sama halnya dengan keberagaman aktivitasku yang menghalangiku ngeblog selama 5 hari, haha kalimat majemuk tingkat berapa nih broo ?? 

Musik bawah tanah yang baru aku kenal tidak lebih dari satu tahun ini telah mampu menggerakkan hati dan pikiran seseorang yang sebelumnya sangat keras dan radikal dengan prinsip prinsip baru atau argumen orang lain. Aku memang tidak pernah memperdulikan dunia musik ataupun lifestyle sebelum mengenal lirik lirik yang sangat menggugah dan membangkitkan semangat berpikir dan bertindak generasi muda yang sedang menaiki tangga untuk mencapai roof top kesuksesan di masa depan. 

Masa depan adalah suatu objek yang selalu dikaji dan dibahas disetiap waktu dan tempat dimana semua hasil kajiannya adalah kesuksesan. Kenapa masa depan harus diakhiri dengan sukses ? Hayo jawab broo. Aku akhirnya menemukan jawaban yang mampu memuaskan hati dan pikiran yang sangat egois dan labil ini di sebuah forum yang sama sekali jauh dari dunia musik bawah tanah, hahaa (opo hubungane mas??)

Manusia dibekali akal dan pikiran tapi manusia juga tetap memiliki nafsu sebagai penyeimbang antara positif dan negatif diantaranya. Buah dari perkawinan keduanya itulah jawabannya, yaitu naluri kebahagiaan. Tidak ada makhluk yang tidak menginginkan bahagia. Kenapa ? Ya karena mereka bukanlah tuhan, mereka diciptakan dan di"ada"kan untuk menggunakan nafsu,akal,dan pikiran mereka yang hasilnya memang adalah naluri bahagia. Apa hubungannya masa depan dan lirik musik bawah tanah ?


Industri musik sangat kental dengan pembicaraan tentang cinta dan sekalipun menghembuskan semangat dan nasionalisme ataupun kebebasan akan secepatnya dinilai sebagai bentuk provokator atau pemberontakan halus yang akan menggerogoti generasi muda. Namun jika dikorek perlahan dan dengan ketelitian tingkat tinggi, dari topik awal saja sudah sangat jelas. CINTA atau SEMANGAT yang membuat BAHAGIA ? jangan lupa, BAHAGIA adalah tujuan akhir yang disimbolkan MASA DEPAN. Cinta memang penting, tapi hal itu sangatlah mudah dimengerti dan jika memang sangat mudah untuk apa terus terusan dikaji dalam lirik ? Mengapa kita tidak segera naik kelas untuk membicarakan sesuatu yang belum tentu dapat dimengerti dan dirasakan oleh semua orang ? 

Semangat, Nasionalism, Sosial, Damai, dan kepedulian.

Aku mungkin sudah sangat terobsesi dengan lirik lirik pendobrak atau lirik lirik pendorong semangat seperti yang akan aku berikan contohnya berikut ini. Sekali lagi, aku hanya mengoreksi apa yang menurutku sedikit berbeda dengan sudut pandangku, untuk itu, kolom komentar sudah aku buka lebar lebar agar setiap ejekan,olokan,cemoohan,dukungan,koreksi,catatan,saran,kritik yang terfikirkan oleh kalian selepas membaca artikel bodoh ini terselundupkan dengan lancar tanpa harus terdeteksi para penyidik.

1.     Ini Cuma Musik – Awakulo

"KINI KU BEBAS BEREKSPRESI, MAAF SUDAH BUATMU DEPRESI, INI SAATNYA KALIAN LIHAT KAMI BERAKSI, LAGU INI MENYEBAR, KUPINTAR, CIPTAKAN KARYA BESAR, KUHARAP KAU SABAR, SILAHKAN PUTAR, KARNA, INI CUMA MUSIK..."

GANAS TAPI KAMI NGGAK PERLU DIJINAKKAN, BUKAN IDUL ADHA, BAHKAN DEDIKASI KUKORBANKAN,  AKU DUDUK MANIS, DENGERIN HATERS KOMEN SINIS,  MAAF KALIAN JADI PESIMIS SAAT LAGU INI RILIS...”

2.     CJDW – Awakulo

“Hargai Sesama Musisi Gak Onok Diskriminasi.. Apresiasi Dalam Rima Duduk Ajang Kontroversi.. Persetan Eksistensi Bukan Artis Dalam Tv.. Cari Materi Tak Harus Obral Harga Diri.. Hiphop Bebas Liar Tapi Berkelas Melawan Batas Namun Tetap Berkualitas.. Persetan Label Tenar Lewat Jalan Pintas..”

“Tetap Nasionalis Lestarikan Budaya Nasional.. Laguku Berpesan Bawa Lirik Intelektual.. Minim Pendidikan Tak Berarti Malah Jadi Begundal..”

“Bidani Kreasi Rima Tulus Berpesan Moral.. Hiphopku Sederhana Tak Kenal Hura-Hura.. Tetap Repect Pribadi Kucoba Tetap Ramah.. Barisan Kata Tertata Tak Terbata Kujadikan Senjata.. Atau Nikmati Bersama Dalam Satu Karya.. Gak Iso Nyanyi Yowes.. Gak Iso Ngedance Yo Ben.. Gak Tebar Sensasi Biar Cepat Beken.. Ideologi Bawah Tanah Tak Terbatas Bukan Tren.. Perlawanan Kuberikan This Is My Final Stand..”

“Ji Ro Lu Pat Kami Berempat.. Bukan Ingin Mengumpat.. Bukan Juga Mengajak Debat.. Karena Memang Berbakat.. Lebih Dari Sekedar Merangkai Kalimat.. Resapi Dulu Jangan Asal Menghujat.. Tak Cuma Senang-Senang Dan Menghamburkan Uang.. Lewat Musik Ini Kami Juga Ikut Berjuang.. Kepalkan Tangan Demi Sebuah Perdamaian.. Tak Ada Penindasan Di Dalam Setiap Aliran..”

“Perlu Kalian Ingat Ketenaran Ada Karena Adanya Dukungan.. Dan Ketenaran Yg Terkecap Tidak Akan Pernah Abadi.. Jika Masih Ada Kesombongan Meninggi Didalam Hati..”

Dari 1 Band dan 2 judul lagu diatas saja sudah sangat banyak sekali kalimat kalimat perdamaian, penyemangat, persahabatan, pantang menyerah, dan banyak sekali pesan tersirat yang dapat kita ambil dari lirik lirik di dunia musik bawah tanah yang memang menjadi favoritku saat ini, kenapa ? Yah begitulah sifat dasar manusia. DINAMIS. Dan yang pasti takdir dan segalanya telah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Sedikit usaha untuk membangkitkan musik Underground dan membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mengenal kami lebih jauh. Kami bukan pemberontak atau penolak ideologi, justru kamilah pendukung penuh pancasila yang berusaha dengan keras menolak ajakan asimilasi negatif dengan jalan dibawah tanah ibarat kami adalah akar dari pohon nusantara, karena kami selalu berusaha memberi asupan asupan bernutrisi tinggi kepada para penerus dan penegak bangsa ini. Mohon maaf dan terimakasih telah membaca artikel yang tidak tentu arah ini.

Hanya ini yang sempat terlintas difikiranku yang masih sehat dan hati nuraniku yang objektif. Terimakasih sudah menikmati karena membaca adalah bentuk menikmati sesuatu dengan mata dan maaf jika kalian setelah membaca ini ingin membunuhku. (kebanyakan gitu)

#satu_lagi_dari_timehunter


0 Komentar:

Posting Komentar

 
;